Khusnul Pakai Dana Jalin Matra Untuk Beli Rombong Martabak

Tags :
Date :26 Oktober 2016

Di rombong tersebut, warga Desa Tirem, Kecamatan Duduk Sampeyan, Kabupaten Gresik itu bisa langsung membuat Martabak dan menggorengnya, sehingga dapat disajikan dalam kondisi masih panas kepada pembelinya.

Tidak hanya itu, ibu dua anak itu juga lebih leluasa menambah item dagangan gorengannya, karena ruang dalam rombong yang dibelinya menjadi lebih luas. "Selain Martabak juga ada roti goreng, kripik, dan sebagainya," jelas Khusnul.

Sebelum memiliki rombong, Khusnul biasa menjajakan dagangannya dengan sepeda angin. Dari rumah, dia berangkat pukul 10.00 WIB dan kembali pukul 16.00 WIB. "Biasanya dapat Rp 50 ribu, kadang Rp 40 ribu. Sejak pakai rombong, hasilnya lebih banyak. Biasanya anak-anak sekolah pelanggannya," jelas Khusnul.

Selain untuk membeli rombong, bantuan dana Rp 2,5 juta, bantuan dana dari program unggulan pemberdayaan masyarakat dari Pemprov Jatim itu juga dibelikan Khusnul untuk menambah modal membeli bahan baku dagangannya.

Khusnul adalah satu dari 10 warga Tirem yang masuk kategori RTSM dan berhak mendapatkan bantuan Jalin Matra. Tahun ini, program tersebut menjangkau 67 desa di 29 kabupaten di Jawa Timur.

Program Jalin Matra juga membidik 372 desa untuk kegiatan Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan, dan 161 desa untuk kegiatan Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2). (red)

 

(sumber http://dpmd.jatimprov.go.id/component/content/article/90-berita/814-khusnul-pakai-dana-jalin-matra-untuk-beli-rombong-martabak )